About

Pages

Rabu, 28 April 2010

KERIPIK KULIT KENTANG/UBI JALAR

Sekarang jangan lagi membuang kulit kentang dan kulit ubi jalar, terutama kulit ubi jalar berwarna, baik yang merah maupun ungu. Dalam kulit kentang tersimpan senyawa flavonoid, kulit ubi jalar merah kaya betakaroten, sedangkan kulit ubi jalar ungu banyak mengandung antosianin. Selain itu, kulit kentang maupun kulit ubi jalar mengandung serat kasar.

Paduan antara zat fitokimia flavonoid, betakaroten, dan antosianin dengan serat kasar dalam kulit kentang dan kulit ubi jalar berwarna bermanfaat mencegah sembelit, membantu menyerap kelebihan lemak dalam darah, dan menghalangi munculnya sel kanker. Lebih istimewa lagi jika kulit ubi jalar dimasak dengan cara digoreng. Adanya minyak goreng justru mempermudah penyerapan betakaroten dan antosianinnya.

Sebelum dikupas, cuci bersih kentang atau ubi jalar. Kumpulkan kulitnya, goreng dalam minyak banyak di atas api sedang hingga kulit kentang/ubi jalar kering dan renyah, angkat. Diamkan hingga minyak tiris dan panasnya berkurang. Untuk membuat keripik gurih, tambahkan garam bubuk dan bawang goreng. Jika suka pedas, bubuhkan cabai bubuk. Keripik manis kulit kentang/ubi jalar bisa dibuat dengan menambahkan gula bubuk.

0 comments:

 

Blogger news

Blogroll

About