About

Pages

Selasa, 19 Januari 2010

6 Resep Minuman Herbal Untuk si Kecil

Bila si kecil tiba-tiba demam, masuk angin, rewel, atau gatal-gatal, tak perlu panik dan tenang saja. Tengok saja bumbu dapur Anda, siapa tahu masih ada sejumlah herbal yang bisa dimanfaatkan segera. Seperti halnya contoh di bawah ini:

KUNYIT

Kunyit memiliki kandungan minyak asiri, curcumin, turmeon, dan zingbera yang bermanfaat sebagai penurun demam, anti bakteri, anti oksidan, dan anti peradangan. Bila si kecil mengalami demam ambil 10 gr ubi kunyit, lalu kupas dan bersihkan dan kemudian parut. Lalu ambil 125 ml air panas dan 1 sendok air jeruk nipis dan 4 sendok makan madu. Kemudian campur semua bahan tadi dan saring untuk diambil airnya dari campuran bahan tersebut. Dan berikan 3 kali sehari untuk si kecil.

TEMULAWAK

Penampilan temulawak menyerupai temu putih, hanya warna bunga dan rimpangnya berbeda. Temulawak mempunyai zat aktif germacrene, zanthorrhizol, alpha beta curcumena, dan lain-lain. Bermanfaat sebagai anti peradangan, antibiotic, meningkatkan produksi dan sekresi empedu. Dalam hal ini ambil 10 gr rimpang temulawak, 125 ml air panas, 2 sendok makan madu dan bunga kapuk/randu. Kemudian parut rimpang temulawak, tambahkan air dan aduk sampai rata dan saring kemudian ambil sari temulawak tersebut. Kemudian campur sari temulawak dengan air panas dan madu serta sari bunga kapuk/randu tersebut. Kemudian berikan berikan kepada si kecil 3 kali sehari.

SAMBILOTO

Sambiloto memiliki kandungan andrografoll lactones (zat pahit), diterpene, glucosides, dan flavonoid yang bisa menurukan panas. Menurut penelitian, 6 gr sambiloto perhari sama efektifnya dengan paracetamol. Seluruh bagian dari sambiloto dapat digunakan sebagai obat herbal. Dalam hal ini anda bisa ambil 20 gr daun sambiloto kering, 50 gr ubi kunyit kering, 300 ml air dan 300 ml madu. Campur daun sambiloto, kunyit, air kemudian masak sampai mendidih sampai air tersisa setengahnya. Kemudian angkat dan saring air tesebut dan kemdian tambahkan madu. Berikan si kecil 3 kali sehari.

LEMPUYANG EMPRIT

Lempuyang emprit memiliki kandungan senyawa sekuterpenenton yang bermanfaat untuk menurunkan panas. Dalam hal ini siapkan 10 gr ubi lempuyang emprit, 125 ml air panas, 2 sendok makan madu. Parut lempuyang emprit campur dengan air panas. Kemudian peras ambil sari lempuyang emprit tersebut. Dan kemudian campur sari lempuyang emprit dengan madu serta aduk dengan rata. Berikan 2 kali sehari.

BROTOWALI

Brotowali digunakan untuk pemakaian luar. Brotowali bermanfaat untuk menyembuhkan luka dan gatal-gatal akibat kudis. Kemudian ambil 2-3 batang brotowali, kemudian potong kecil-kecil dan ambil juga 1500 ml air bersih. Kemudian rebus air bersih tersebut dan kemudian masukan irisan brotowali serta didihkan. Kemudian saring dan gunakan untuk mengobati luka atau gatal-gatal akaibat kudis. Berikan 3 kali sehari.

KENCUR

Kencur sangat berkhasiat meringankan batuk pada si kecil. Dalam hal ini ambil 5 gr kencur segar kemudian cuci bersih dan parut, ambil 2 sendok makan air matang, dan 1 sendok makan madu. Kemudian parutan kencur tambahkan air matang tadi, kemudian aduk sampai rata dan saring. Tambahkan madu kemudian aduk sampai rata. Berikan kepada si kecil 2-3 kali sehari.




0 comments:

 

Blogger news

Blogroll

About