About

Pages

Rabu, 01 April 2009

Berkenalan dengan Smoothie

BananaStrawberrySmoothie1_2.jpgCuaca cerah, matahari yang bersinar, pasti bikin kita pingin yang segar-segar. Salah satunya minuman segar dan dingin. Selain es krim atau soft drinks, sudah pasti yang terbayang adalah buah-buahan, bukan? Ternyata, tidak hanya minuman-minuman itu saja, yoghurt dan buah-buahan yang diolah juga bisa kita tengok untuk menemani kita menikmati hari yang cerah!

Sehat dan mudah dibuat
Smoothie merupakan salah satu jenis minuman kental tidak beralkohol yang terbuat dari campuran buah-buahan atau sayuran segar dan sari dari bahan-bahan alami tersebut. Kadang, rasa alami lain seperti coklat, teh hijau (green tea) juga digunakan atau ditambahkan di dalamnya. Karena struktur minuman ini yang kental, smoothie tampak mirip dengan milkshake. Namun, di dalam smoothie seringkali tidak dipergunakan bahan-bahan yang mengandung susu (dairy products ), seperti es krim.

Resep smoothie ternyata banyak ditemukan di menu masakan Timur Tengah dan kawasan Mediterania. Orang-orang di sana banyak menggunakan yoghurt, madu, dan buah-buahan segar sebagai bahan utama.

Smoothie tidak saja sehat, namun juga mudah dibuat. Plus, tidak dibutuhkan waktu yang lama maupun bahan yang mahal.

Smoothie pisang-strawberi (Banana-strawberry smoothie.red) adalah salah satu resep smoothie yang telah lazim disajikan. Makin banyak pisang yang dimasukkan dan diolah, makin kental struktur smoothie.

Berikut resep untuk membuat 3 gelas smoothie

Bahan:
- 1 buah pisang, dipotong kecil-kecil
- 5 - 15 buah strawberi, dibelah
- 500 ml yoghurt netral (sebaiknya menggunakan yoghurt yang tidak menggunakan rasa tambahan)
Non-fat yoghurt (magere yoghurt dalam bahasa Belanda .red) bisa menjadi alternatif ketika kita takut akan jumlah lemak yang terkandung dalam yoghurt biasa.
- 3 - 4 sendok teh madu (madu bisa diganti dengan gula)
- es batu, jika diinginkan

Perlengkapan yang diperlukan:
- blender
- gelas saji

BananaStrawberrySmoothie1_1.jpg BananaStrawberrySmoothie2_1.jpg BananaStrawberrySmoothie3_1.jpg BananaStrawberrySmoothie4_1.jpg

Cara membuat
Pisang, strawberi, yoghurt, dan madu dimasukkan ke dalam blender. Jika menginginkan smoothie yang tidak terlalu kental, yoghurt bisa dikurangi atau dengan menambahkan beberapa sendok air putih. Semua bahan diblender sampai halus dan tercampur rata. Tuangkan ke dalam gelas saji, tambahkan es batu sesuai selera.

BananaStrawberrySmoothie5_1.jpg BananaStrawberrySmoothie6_1.jpg BananaStrawberrySmoothie7_1.jpg

Tidak lebih dari 10 menit kita bisa mendapatkan smoothie, minuman yang sehat dan yummy!

Kata Kunci: resep minuman segar, smoothie


  • Minuman Sarapan Sehat Kalau...<
  • TELUR GABUS ASIN
  • PINACOLADA
  • Frappe Coffee
  • Berkenalan dengan Smoothie
  • Pumpkin Srikaya
  • 0 comments:

     

    Blogger news

    Blogroll

    About