About

Pages

Senin, 22 Juni 2009

APRICOT COMPOTE, Memelihara Kesehatan Mata

Aprikot boleh dikatakan sebagai buah sahabat mata. “Aprikot memiliki kandungan betakaroten yang sangat membanggakan. Dan ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata”, demikian kata Ritva Butrum, Ph.D. Wakil Presiden sebuah penelitian yang diadakan di Institut Amerika untuk Penyakit Kanker di Washington DC.

Senyawa karotenoid (termasuk betakaroten) dapat ditemukan dalam buah dan sayuran yang berwarna kuning, jingga, dan merah. Betakaroten yang terdapat dalam aprikot akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A diperlukan untuk mencegah radikal bebas yang menyerang retina sehingga gangguan penglihatan atau kebutaan dapat dicegah. Untuk 2 porsi

Bahan:
(waktu persiapan: 10 menit)

100 ml jus orange
2 sdm madu
1 sdm air jeruk lemon
½ sdt air jahe parut
2 buah aprikot, potong membujur menjadi 8 bagian
10 lembar daun mint
100 ml yoghurt atau krim kocok

Cara membuat:
(waktu memasak: 5 menit)

  • Jerang jus orange, madu, air jeruk lemon, dan air jahe. Masak sebentar hingga panas. Angkat.
  • Masukkan aprikot dan daun mint. Diamkan hingga uapnya hilang. Simpan dalam lemari es hingga saat disajikan.
  • Sajikan dingin dengan yoghurt atau krim kocok jika suka.

TIP DAPUR

  • Pilih aprikot yang benar-benar matang dan berkualitas baik untuk menghasilkan hidangan compote yang prima. Tandanya, kulit aprikot sudah berwarna merah atau jingga.
  • Agar lebih aromatik, Anda bisa menambah sedikit rhum atau minuman beralkohol lainnya, misalnya liqueur.

TIP SEHAT

  • Sebaiknya aprikot dikonsumsi beserta kulitnya. Sebab, kandungan seratnya yang sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan banyak terdapat di bagian kulit.
  • Sejak berabad lalu ada kebiasan pada penganti wanita bangsa Cina mengudap aprikot segar guna meningkatkan kesuburan. Hal ini tidaklah mengherankan. Sebab aprikot sarat akan mineral yang dibutuhkan untuk memproduksi hormon seks.



0 comments:

 

Blogger news

Blogroll

About